Rabu, 26 Oktober 2011

Tugas Ekonomi Internasional (26 okt 2011)


DAMPAK KRISIS EROPA TERHADAP HARGA EMAS
Kronologi Krisis Eropa.
Krisis keuangan Eropa telah mengancam perekonomian dunia. Krisis yang menakutkan dunia itu berakar pada kegagalan zona euro untuk memperbaiki perbankan. Gejolak zona euro sebagai salah satu faktor asing yang telah membantu memperlambat perekonomian dunia. Dampak krisis ekonomi Eropa mengancam semua belahan dunia. Meski secara umum di Indonesia belum terlalu besar dampaknya tetapi tetap mulai terasa pengaruhnya. Saat ini sedang diperparah dengan apa yang terjadi di Yunani. Jadi mereka akan melalui krisis keuangan yang menakutkan dunia. Dan, mereka berusaha untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab, namun tindakan tersebut tidak cukup secepat yang mereka perlukan.
Saham Eropa dan AS naik pada Senin dengan spekulasi dana bail out lebih ambisius untuk zona euro dan default (gagal bayar) teratur Yunani meskipun kurangnya rincian dan penolakan oleh pejabat terus membuat perdagangan bergejolak. Namun, Jerman menembak jatuh langkah untuk meningkatkan dana penyelamatan utang Eropa, dan Yunani merana tanpa tanggal untuk kembalinya auditor yang memblokir pinjaman yang mereka butuhkan untuk menghindari default. Krisis utang Eropa berasal dari Yunani, yang kemudian merembet ke Irlandia dan Portugal. Ketiga negara tersebut memiliki utang yang lebih besar dari GDP-nya, dan juga sempat mengalami defisit (pengeluaran negara lebih besar dari GDP). Krisis mulai terasa pada akhir tahun 2009, dan semakin seru dibicarakan pada pertengahan tahun 2010. Pada tanggal 2 Mei 2010, IMF akhirnya menyetujui paket bail out (pinjaman) sebesar €110 milyar untuk Yunani, €85 milyar untuk Irlandia, dan €78 milyar untuk Portugal. Kemudian kekhawatiran akan terjadinya krisis pun berhenti sejenak. Efek dari krisis Eropa ini cukup berdampak kepada IHSG, yang ketika itu anjlok besar-besaran dari posisi 2,971 ke posisi 2,514.
Yunani kemungkinan merupakan buah dari kesalahan kebijakan pemerintahnya di masa lalu. Pada tahun 1974, Yunani memasuki babak baru pemerintahan, dari junta militer menjadi sosialis. Pemerintah baru ini kemudian mengambil banyak utang untuk membiayai subsidi, dana pensiun, gaji PNS, dll. Utang tersebut terus saja menumpuk hingga pada tahun 1993, posisi utang Yunani sudah diatas GDP-nya, dan sampai sekarang pun masih demikian. Saat ini utang Yunani diperkirakan telah mencapai 120% dari posisi GDP-nya, dimana banyak analis yang memperkirakan bahwa data yang sesungguhnya kemungkinan lebih besar dari itu.
Dampak Krisis Terhadap Harga Emas.
(June 02, 2011) NEW YORK – Emas bergerak lebih tinggi Rabu sedangkan harga perak jatuh setelah pembacaan yang mengecewakan pada aktivitas manufaktur dan pertumbuhan lapangan kerja di AS. Emas pada Juni naik $ 6,40 dan ditutup pada $ 1,543.20 per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Logam memulai perdagangan hari ini lebih rendah karena investor memilih saham setelah pasar berakhir bulan Mei dengan kejutan, tapi dengan cepat berbalik arah setelah data mengecewakan hilang dari Emas AS diperdagangkan setinggi $ 1,551.60 dan terendah $ 1,530.40 sedangkan harga spot emas naik $ 9,60 menurut indeks emas Kitco’s.
Harga Silver masih rendah tapi masih berakhir 61 sen lebih rendah untuk $ 37,69 per ounce sementara indeks dolar AS sedikit lebih tinggi pada $ 74,58. Harga emas dan perak menyimpang setelah laporan kerja ADP mengatakan bahwa hanya 38.000 pekerjaan yang ditambahkan pada bulan Mei dan April direvisi turun 2.000 ke 177.000. Berita tersebut menarik minat lebih dalam pada emas sebagai aset aman, yang digarisbawahi oleh nomor manufaktur lemah dari Cina, Eropa dan AS. Perlambatan permintaan data manufaktur menahan seluruh dunia untuk meminta perak, terutama logam industri. Investor juga mempertimbangkan apakah Jerman akan memungkinkan Yunani untuk mengamankan tambahan € 60 miliar, yang di atas arus bailout negara 110 miliar €, tanpa meminta pemegang obligasi untuk menunda mendapatkan uang mereka kembali. Jika itu terjadi, Yunani bisa mencegah default dan membantu investor.
(July 14, 201) Emas naik 0,2 persen dari catatan di London akibat dari kekhawatiran tentang krisis utang Eropa yang mendorong permintaan  logam sebagai perlindungan kekayaan. Bullion naik ke semua waktu untukp pound Inggris. Irlandia bergabung dengan Portugal dan Yunani kemarin sebagai negara kawasan euro ketiga yang ingin rating kreditnya dipotong di bawah tingkat investasi, mengirim logam dalam euro ke tingkat tertinggi yang pernah ada. Biaya asuransi hutang dari Italia, Spanyol dan Portugal mencapai rekor minggu ini. “Dengan ketakutan terhadap utang negara Eropa meningkat kembali, ada sedikit kejelasan  pada apa yang  akan dilakukan para pejabat zona euro selanjutnya,” emas sedang menguntungkan, Edel Tully, seorang analis berbasis di London di UBS AG, mengatakan dalam sebuah laporan hari ini. “Seharusnya, dalam teori, hal ini menjadi waktu bagi emas untuk bersinar sebagai safe haven dan sebagai mata uang alternatif.”
Pengiriman  emas tiba-tiba naik sebanyak $ 7,48, atau 0,5 persen, menjadi $ 1,575.18 per ons, harga tertinggi sejak catatan 2 Mei $ 1,577.57. Sedikit berubah pada $ 1,569.75 pada 11:18  a.m di London. Emas untuk pengiriman Agustus adalah 0,5 persen lebih tinggi pada $ 1,570.60 per ons di Comex di New York. Bullion naik menjadi $ 1,571.50 per ons saat ‘perbaikan’ pagi di London, yang digunakan oleh beberapa perusahaan pertambangan untuk menjual output, dari $ 1,550.50 pada harga sore kemarin. Kedelapan kali kenaikan saat ini akan untuk mencetak kemenangan terbaik sejak sembilan hari dari keuntungan sampai April 25. Emas naik 10 persen pada 2011 setelah naik 10 tahun terakhir, jangka  keuntungan terpanjang dalam sedikitnya sembilan dekade. Krisis utang Eropa membantu bullion mencapai rekor dua bulan lalu. Logam mencapai rekor £ 987,59 per ons hari ini.
Moody `s Investors Service menurunkan Irlandia untuk Ba1 dari kemarin Baa3, mengutip kemungkinan negara akan membutuhkan pendanaan tambahan resmi. Prospeknya tetap “negatif,” kata Moody. Euro kemarin merosot ke posisi terendah empat bulan terhadap dolar akibat menteri keuangan Eropa gagal menghadirkan solusi untuk wabah keuangan yang mengancam menyebar ke Italia dari Yunani, Irlandia dan Portugal. “Emas dapat dengan mudah mencapai $ 1.600 dalam satu atau dua bulan berikutnya akibat krisis utang di Eropa memburuk,” kata Li Fang, seorang analis di Zhonghui Futures Co, dari Shanxi. “Emas diperdagangkan pada tingkat tinggi meskipun kita berada dalam musim permintaan yang lemah. Ketika pembeli fisik kembali di kuartal keempat, kami sepenuhnya berharap harga untuk naik lebih tinggi. “
UBS mengangkat perkiraan emas satu bulannya menjadi $ 1.575 dari $ 1.475 dan estimasi tiga bulan di $ 1.600. Rekam permintaan investasi untuk emas di India akan terus mendaki karena pendapatan yang lebih tinggi memacu pembelian bahkan dengan perdagangan logam di dekat semua waktu tinggi, menurut Reliance Asset Capital Management Ltd, yang mengoperasikan dana dukungan emas terbesar kedua di dunia konsumen. Perak untuk pengiriman segera naik 1,2 persen menjadi $ 36,53 per ons di London. Palladium naik 0,9 persen menjadi $ 772,50 per ounce. Platinum naik 0,6 persen pada $ 1,741.80 per ons.
(October 07, 2011) Emas berjangka naik untuk dua hari berturut-turut dan perak melonjak sebagaimana komoditas dan ekuitas rally di tengah-tengah optimisme bahwa para pejabat Eropa sedang membuat kemajuan dalam meredakan krisis hutang negranya. Indeks Standard & Poor GSCI dari 24 bahan baku naik sebesar 2,6 persen, dipimpin oleh keuntungan di tembaga dan perak.
Bank Sentral Eropa akan kembali meresume ikatan pembelian tertutup dan memperkenalkan kembali pinjaman selama setahun bagi bank, ujar Presiden Jean-Claude Trichet. "Emas kembali berperilaku selayaknya komoditas klasik biasanya" ujar Frank Lesh dalam sebuah wawancara via telepon, seorang trader di FuturePath Trading Chicago.
"Permintaan secara fisik mensupport pergerakan untuk emas."
Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember naik $ 11,60, atau 0,7 persen,  menetap di $ 1,653.20 per ounce pada pukul 1:40 di Comex  New York. Logam mulia sedang menuju keuntungan pertama mingguanya. Emas mencapai rekor $ 1,923.70 pada 6 September karena para investor mencari alternatif untuk ekuitas dan beberapa mata uang. Logam telah naik 16 persen tahun ini. Spot emas berada di tahun ke-11nya untuk market bull nya, reli terpanjang setidaknya sejak 1920. Perak berjangka untuk pengiriman Desember naik $ 1,653, atau 5,4 persen, ke $ 32,005 per ounce, lompatan terbesar sejak 13 Juli. Harga telah maju 39 persen dalam 12 bulan terakhir.
Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk pengiriman Januari naik $25,20, atau 1,7 persen, menjadi $1,508.10 per ounce. Palladium berjangka untuk pengiriman Desember naik $ 28,45, atau 5 persen, ke $ 598,80 per ounce, naikuntuk hari kedua berturut-turut.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar